Balai Besar TNKS Rejang Lebong Pusatkan Upacara HUT RI ke-74 di Hutan Madapi

Kontras.coid,- Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74. Balai Besar TNKS Wilayah Rejang Lebong melaksanakan upacara di Hutan Konservasi Mahoni, Damar, Pinus (MaDaPi) di Desa Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya, (17/8/2019).

Staf Perlindungan dan Pengamanan Hutan Balai Besar TNKS Wilayah Rejang Lebong, Insan Ramdhani mengatakan upacara peringatan hari kemerdekaan di Hutan Madapi merupakan yang kedua setelah 2018 lalu juga digelar acara yang sama bersama kader-kader konservasi, pecinta alam, Siswa pecinta alam, Palang Merah Indonesia (PMI), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Damkar Rejang Lebong.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi event tahunan. Semoga dengan adanya momentum ini kita semua bisa saling mempererat tali silaturahmi. Terlebih bisa menjaga dan merawat hutan,"ujarnya, Sabtu (17/8/2019).
Insan menjelaskan, pesan yang ingin disampaikan dalam momentum upacara  HUT RI ke 74 yang dilaksanakan di Hutan Madapi yakni menumbuhkan rasa kecintaan terhadap alam (hutan). Bagaimana cara merawat dan menjaga hutan agar tidak rusak.

"Menjaga itu bukan bearti tidak boleh dimanfaatkan. Tapi manfaatkan sebaik-baiknya seperti isinya, bukanlah kayunya. Sekarang musim kemarau sangat rawan kebakaran hutan. Seperti di Sumsel, Jambi, mudah-mudahan kabut asapnya tidak sampai disini karena kita punya Hutan Madapi yang kondisinya sangat baik,"jelasnya

Pantauan Kontras.co.id, selain upacara, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Hutan Madapi juga menggelar berbagai macam perlombaan guna memeriahkan hari Kemerdekaan RI ke 74. Seperti, lomba balap karung, makan kerupuk.
Tidak hanya para pecinta alam, tampak warga sekitar juga ikut berdatangan kelokasi untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini. Disisi lain, Palang Merah Indonesia (PMI) Rejang Lebong juga menyiapkan stand untuk masyarakat yang ingin mendonorkan darah. (TuM)

Editor : Mahmud Yunus

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.